Uncategorized

Antara Ricky, Raline Shah dan Abimanyu

Dini hari jam 3:03 am, ibu habis jaga shift malem 😂. Mumpung ingatan masih segar, mau sedikit tulis tulis kisah throwback 3 hari yang lalu.

Sabtu 3 Juni 2017 jam 10.00 am 

Pagi itu, seperti layaknya biasanya hari sabtu, aku ke klinik dharma sidhi di sebelah santo yoseph untuk latihan yoga. Karena semalemnya agak susah tidur alhasil paginya telat bangun ditambah setelah masakin sahur, aku coba untuk tidur lagi. 

Rutinitas Latihan yoga seperti biasa dengan bidan nita 😁. Nah di latihan yoga pada hari sabtu sebelomnya, aku curhat sama bidan nita kalo feelingku akan lahiran di minggu pertama june. Hahaha ternyata sampe sabtu pun belom ada tanda tanda mau lahiran 😂😁😁. 

Yoganya selese jam 1. Iyah! Yoga nya 20 menit, dan 2.5 jam lainnya ngobrol kesana kemari bersama ibu ibu hamil lainnya 😍. Setelah prenatal yoga, aku berjalan kaki ke level 21 untuk beli breadtalk. Di sana berjumpa dengan emmae dan suwija. Wah senangnya karena lama sudah tidak berjumpa 😍.

Jam 3 sore, pulang ke rumah untuk mandi dan siap siap untuk ke acara ulang tahun pertama Rumah Harapan Indonesia 😂. 

Jam 5 sore

Ricky yang awalnya ngga percaya kalo artis ibu kota Raline Shah akan datang, tiba tiba heboh karena doi duduk 1 row setelah row di belakang kami 😂.  Katanya coba aja kita duduk di belakang, bisa selfi ya 😂

Raline shah aslinya cantik banget. Putih, tinggi, langsing, rambutnya bagus, kulitnya mulus, orangnya baik, penyayang anak. Menang banyak itu adik adik yang di gendong Raline Shah, semoga jadi obat kebahagiaan buat mereka dan lekas sembuh ya 😁

Yang, aku haus.. ambilin air di mobil donk.. kataku pada Ricky. Di luar ruangan ada sih air, tapi itu untuk yang berpuasa. Aku ga enak mau ambil disana, jd aku minta ambilin air dari mobil. Dan ternyata, dia lama banget ga balek balek. Pas balek dan ngasi air, eh dia pamerin foto sama raline shah 😂😂😂. PANTAS KAMU LAMA AMBIL  AIRNYA.

Adik Abim yang kala itu masih di dalam perut ibu, bergerak gerak riang. Di elus elus banyak orang, di doain, dan foto bareng raline shah 😂😍

Kebanting banget ibu sama tante Raline ya 😂😂😂. Dan ketika sudah berbuka puasa, kami undur diri, karena aku berasa agak pusing, rasanya capek mungkin seharian beraktifitas dari yoga, ke level 21 dan ke RH Bali. 

09.00 PM 

Ahirnya sampai di rumah, nyiapin makan buat ricky, cuci piring, dan lalu istirahat. Tak lama kemudian, babeku datang. Dia jenguk aku dan bilang kayanya masih lama ini, masih di atas ini adiknya. Paling tanggal belasan atau minggu ke 3 juni. Dan si Ricky pun bilang, ya ga papa be.. santai aja di tunggu. Uda nunggu 9 bulan, nunggu beberapa hari lagi ya ngga berasa 😁

Setelah itu babe pulang, dan ak mulai makan dan istirahat. Punggungku terasa sakit saat itu, ak meminta ricky menyiapkan botol dengan air hangat untuk mengompress punggung. Dan ahirnya aku pun bisa tertidur.

Minggu 4 Juni 2017 jam 03.00 am

Seperti biasa bangun pagi untuk siapin sahur. Tapi karena semalem udah ngerasa kecapean, ak minta ricky untuk beli makanan jadi, sehingga pagi tinggal di angetin doank. Punggung saat itu masih sakit, dan lalu aku meminta ricky untuk relaksasi. 

Jam 6.00 am

Dan ahirnya kuputuskan untuk berangkat ke dokter. Dengan pemikirian, mau minta obat tolak angin atau apalah. Kayanya masuk angin 😂😂😁. 

Baru inget kalau dokter Eka ngga ada jadwal praktek hari minggu, jadi aku ke klinik Darma Sidhi untuk ketemu bidan Nita. Dengan niat yang sama yaitu minta obat masuk angin 😂😂😂

Sesampai di klinik, aku di priksa bidan nita, dan dia bilang ini namanya kontraksi 😱😱😱 dan ternyata sudah bukaan 5. Aku bilang ke bidan nita kalau aku belom flek, jadinya ak mikir ini bukan kontraksi 😁. Bidan nita menawarkan untuk lahiran di sana, tapi setelah aku pikir pikir, dari awal mindset pengen lahiran dengan dokter Eka. Ahirnya kami memutuskan tetap ke puri bunda, namun bidan nita menyarankan naik ambulance, karena bukaan sudah gede. 

🚑🚑🚑🚑🚑🚑 ibunya Dek abim naik ambulance. Pertama banget dalam hidup naik ambulance. Sempet ngidupin action cam, buat bikin vlog, healah ternyata ngga kerekam 😂 si mba bidan dalem ambulance bilang, ibu masih bisa ketawa ketawa ini ya 😂😂😂

Jam 12.00 siang

Tiba di rumah sakit puri bunda, lalu segera di giring ke ruang observasi. 

Setelah di tensi, rekam jantung bayi, dan VT ternyata sudah bukaan 6. Hatiku sejenak hampa ketika suster bilang, dokter eka nya ada seminar jadi ngga bisa hadir karena baru selesai jam 7, nanti lahirannya sama dokter xxx. Aku terkejut, namun sudahlah. Shit always happens. Aku sudah iklas pasrah menerima apapun. Dan ngga mau terlalu berlarut, ya sudahlah.

Lalu saat itu mba emi menelpon dan tanya aku ada di mana. Dan 30 menit kemudian, dia sampai di puri bunda. 

Kami melakukan yoga, squat, duduk di gymball, rocking pelvic, dan gerakan gerakan lain yang di contohin namun ak lupa nama gerakannya apa. 

Aku akuin, berat banget mau melakukan gerakan yoga saat udah kontraksi. Dalam bayanganku aku masih bisa jongkok bangun, tapi hasilnya memble, cuman bisa jalan jongkok doank 😂😂😂 tiap kontraksi dateng, aku teriak daddy…. punggungku… lalu ricky bilang : tenang, rilex, jangan teriak nanti energinya habis ayo nafas perut, lalu aku mencoba tenang dan nafas perut.

Waktu silih berganti, rasanya kontraksi semakin intens, namun sayang sekali ketika jam 4 sore di periksa, ternyata bukaan ku ngga nambah. Bidan di RS berkata, harusnya sejam nambah 1cm tapi ini ngga nambah. Perasaanku mulai bercampur aduk, udah intens kaya gini masih ngga nambah ternyata. namun aku masih yakin. Ayo di coba lagi. Aku coba makan, minum, apapun buat nambah energi, biar bisa gerak. Pokoknya bantu dek abim. 

Lalu kembali melakukan yoga, jongkok, putara pinggul hingga ahirnya jalan jongkok. Saat itu rasanya tak hanya punggung, tapi vagina juga mau ambrol kebawah 😂😂😂. Kontraksi semakin lama, instensitas juga lebih sering. Jam 6 sore bidan datang lagi untuk periksa karena di suruh dokter eka untuk ngecek VT lagi. Tetot, ternyata ketubannya pecah 😱😱😔😥😥

Bidan RS bilang kalo dokter eka menyarankan induksi / sesar. Ricky meminta waktu untuk diskusi. Saat itu aku dan ricky, pijat oksitosin, jongkok rocking pelvic dari atas bed (karena uda ngga boleh turun bed, takut ketuban makin cepet abisnya) dan alhamdulillah kontraksi makin sering. Dia datang 2-3 menit sekali. Rasanya gemana? Yang jelas aku uda ngga teriak lagi. Aku sudah mulai paham, setiap gelombang cinta datang, aku bersiap, lalu ambil posisi yoga, dan bergerak. Dan tentu saja ngomong :  daddy.. mba emi.. tolong punggungku, mau copot 😂😂😂 dan lalu ricky dan mba emi bergantian memijit punggungku. Mba emi perannya besar banget, ga kebayang kalo ga ada dia, mungkin aku dah kalap memecahkan semua barang di ruang lahiran 😂😂😂 dia bisa menuntunku, mengajakku, memberi semangat, support dan ngebantu aku saat kontraksi. 

Namun waktu menunjuk jam 9. Bidan RS datang lagi, dan melakukan VT lagi, ngabarin kalau dokter eka bilang, ini harus sesar soalnya ketubannya uda lama pecah, takut adik abim kena infeksi. Di saat itulah, saat yang berat buat Ricky. Dia sendiri keluar kamar bersalin dan menelpon dokter eka. 

Lalu dia masuk lagi ke ruangan, Disaat dia lihat aku masih kontraksi, dia ngabarin ke aku harus sesar. Ini yang terbaik, dan aku pun mengelap air mata nya. Aku bilang, aku siap menghadapi nya. Kalo emang harus sesar ya sudah gapapa, aku berani, aku akan jalanin. Teringat kata orang, kalo sesar sesudahnya sakit, recovery nya lama dll. Lalu aku bilang ke ricky, Gapapa.. aku siap menghadapinya 😍. 

Ahirnya jam 10 malam, aku di infus, dimasukkan anti biotik dan bius. Alhamdulillah 10:21 dedek abim lahir. Dengan kondisi separoh sadar ( aku emang memaksa diriku untuk tetap sadar, karena mau IMD setelah operasi ), dokter menunjukkan bayinya padaku. Sempat kucium dia, lalu di bawa lagi oleh dokter. Hingga ahirnya jam 11 selesai. Badanku seperti ikan paus yang terdampar, di gulingkan ke kanan ke kiri tanpa bisa berontak. Rasanya kesemutan sebadan 😂😂😂.

Jam 11.30 aku menunggu anakku di ruang observasi untuk IMD. Disini pertama kali dengan jelas aku melihat dedek abim. Aku lihat matanya, tangannya. Oh mai gad, hatiku kejeblos kebawah 😂😍💑😘

Disini aku agak kecewa dengan susternya, ntah dia banyak kerjaan atau juga lelah karena sudah larut. Kesempatanku IMD cuman setengah jam, disaat abim belom banyak mengenyot. Dia hanya minum sebulir cairan kuning aja, suster bilang abim kedinginan, baiknya di bawa ke ruang bayi sekalian untuk observasi infeksi karena ketuban pecah selama 4,5 jam. Tapi karena aku pun separuh sadar, semua sudah lelah, yah sudahlah, yang penting dia sempat menelan sebulir cairan colostrum itu. Padahal keesokan harinya kutanya dokter eka, dia bilang : harusnya bilang ke suster, dada saya lebih hangat dari incubator. Jadi ga perlu buru buru ajak ke ruang bayi. Yah sudahlah, ini pembelajaran buatku 😊

Jam 12 malam, aku sudah kembali ke kamar. Rasanya mataku sudah berat, lalu aku tertidur. Sedangkan ricky, dia masih sibuk mengurus ini itu. Mama mertuaku bilang dia baru makan buka puasa jam 2 pagi. Sebelomnya hanya dibatalkan dengan air putih saat nemenin aku kontraksi. Rasanya bercampur aduk, bangga, sedih, kesian, liat suamiku capek, tapi dia nemenin aku, support aku, liat aku pas kontraksi tentu ngga mudah. Ricky luar biasa 😘 i love you. 

5 June 2017 jam 3 pagi

Aku terbangun dan alhamdulillah sudah bisa menggerakkan kakiku. Semalem saat perawat mengantarku ke kamar, dia bilang di suruh mencoba menggerakkan kaki, miring ke kanan, dan miring ke kiri. Alhamdulillah sudah bisa, rasa apapun yang sekiranya bisa di abaikan, ak coba abaikan. Aku pengen cepet pulih, biar bisa liat anakku, menyusuinya, mengurusnya. 

Jam 6 pagi

Adik abim di anter ke kamar. Hatiku senang luar biasah. Langsung aku susuin, aku push diriku untuk miring ke kanan ke kiri biar bisa susuin dia. Alhamdulillah setelah beberapa kali mencoba, ahirnya dia bisa mengenyot, walaupun cuman beberapa kali, dia bisa merasakan asiku. Aku juga senang, asiku keluar, semua sugesti selama hamil berhasil 😇

Dokter pun mengabarj kenapa dedek abim ngga bisa keluar, kepalanya nyangkut jadi mau nunggu kontraksi sampai besok pun, kemungkinan bukaan ngga nambah. Itulah kenapa ada sedikit benjolan di kepala abim. Karena dia ketekan kontraksi, tapi posisi masih nyangkut, sehingga ngga bisa turun. 

Jam 12 siang

Suster datang dan pergi untuk memeriksa kondisi kami ( saya dan abim ). Setelah diperbolehkan untuk duduk, aku mencoba untuk duduk dan lalu menggerak gerakkan badanku. Dan katanya malam ini, aku sudah bisa mencoba berjalan kalau semua baik dan lancar. 

Alhamdulillah malemnya semua lancar, infus di copot, kateter di copot, perban anti air sudah di pasang dan keesokan harinya aku sudah bisa mandi dan berjalan keliling lantai dua untuk melemaskan badan.

Alhamdulillah so far semua berjalan lancar. Kami bertiga team yang baik. Dedek abim bertahan dengan baik walau ketuban ibu dah pecah. Dia bisa menyusu dengan cepat. Suamiku si ricky supportnya luar biasa. Dari di rumah, ke klinik, kontraksi hingga sampai lahir, 2 hari di RS, dan pulang ke rumah, dia handle semua sendiri. Aku benar benar diminta fokus menyusui abim dan recovery. Sisanya dia yang urus, dari angkut barang, beberes, cuci piring, cuci baju, belanja, masak, bersihin poop, pee nya abim dari waktu di RS sampe di rumah juga. Dengan kegiatannya yang banyak itu, jam sahur dia minta gantian jaga abim, dia memintaku tidur biar cepet recovery. 

Kejebloss rasanya hatiku, saat kami bertiga di kamar, dan dia bilang aku sudah punya keluarga. Rumah untukku pulang, ada istri dan anakku. Istriku yang kuat dan anakku yang sehat. Semua bekerja sama dengan baik. 

Ya, inilah sedikit cerita keluarga kecil kami. Kami yakin kedepannya akan banyak naik turun, ketawa, menangis, dan Insyaallah kami team yang bisa bekerja sama dengan baik. 

Tidak ada trauma bagiku, semuanya bisa kulalui dan aku sudah berusaha maksimal sebisa semampuku. Iklas, pasrah dan bersyukur walaupun harus sesar. Tapi tetap semangat untuk mengusahakan normal untuk kehamilan selanjutnya! Yeay 😍😍😘

Ahir kata, Bismillahirohmanirrohim, aku sangat enjoy dengan  😊 happy parenting! 

Love,

Filya


Catatan Resep, kue

Bikin Coklat Brownis ala Muffin

Beginilah jadi ibu rumah tangga, badan bau dapur, bau ikan, bau telur 😀 Lagi pengen banget yang manis manis, jadi makan brownis yang di modif jadi bentuk muffin. Resep asli ngikutin just try and taste

Bahan:
– 90 gram tepung terigu serba guna
– 1 sendok makan coklat bubuk saya pakai merk van houten
– 1/8 sendok teh garam
– 200 gram coklat blok (Dark Cooking Chocolate), cincang kasar
– 120 gram mentega/margarine
– 2 butir telur
– 150 gram gula pasir

– 1 sendok teh vanilla extract (optional)
– 50 gram choco chips (optional buat topping)
Cara membuat:
1. Ayak jadi satu tepung terigu, coklat bubuk dan garam halus, sisihkan.
2. Masak air di panci sampai mendidih, lalu letakkan mangkok di atasnya ( jangan sampe pantat mangkok menyentuh air ). Lalu lelehkan dark coklat + butter
3. Di mangkuk mikser, masukkan telur, gula pasir dan vanilla extract, mixing sampe adonannya kental dan pucet.
4. Masukan coklat leleh, mixing speed rendah beberapa detik hingga tercampur rata. Matikan mikser.
5. Masukin tepung yang di ayak ke dalam adonan. Masukin bertahap dengan teknik putar balik biar adonan ngga bantet
6. Masukin adonan ke loyang muffin yang udah di kasi kertas kue ( atau bisa di lapisi mentega + tepung )
7. tambah topping choco chip lalu masukkan ke dalam oven, yang sebelomnya sudah di panaskan 10-15 menit suhu 170C api atas bawah
8. Panggang 25 menit, lalu check pakek tusuk gigi, kalo dah ngga ada adonan yang nempel berati sudah siap angkat
9. Diamkan di suhu ruang, 5-10 menit, lalu siap di makan 🙂
Catatan Resep, kue

Iseng nyoba kue putri salju

Kue lebaran yang paling aku suka adalah kue putri salju karena lembut dan manis 😀 inilah yang aku coba, tentunya nyoba resep just try and taste. Foto hasilnya jelek banget yah hahaha 😀 karena ngga punya cetakan yang appropriate dan karena buru buru di kasi toping, kuenya ambrol saking lembutnya. Baiklah, next experiment harus di improve lagi 🙂

Bahan:
– 225 gram mentega tawar (unsalted butter) aku pakek elle vier
– 50 gram gula halus
– 2 buah kuning telur
– 1/4 sendok teh garam (skip jika pakek mentega asin/salted butter)
– 1 sendok teh vanila ekstrak
– 200 gram tepung terigu aku pakek segitiga biru
– 50 gram tepung maizena
– 1/2 sendok teh baking soda
– 50 gram susu bubuk
– 200 gram kacang almond bubuk (aku punya biji almondnya lalu dihalusin pakek food processor)
Topping:
– gula halus dan susu bubuk
Cara membuat:
1.masukkan tepung terigu, tepung maizena, baking soda, dan susu bubuk. Aduk rata, sisihkan.
2. di mangkok mikser, masukkan mentega dan gula halus. Mixing dengan speed sedang hingga halus, lembut, dan pucat warnanya. Tambahkan kuning telur, garam dan vanilla ekstrak,  lalu kocok lagi.
3. Masukkan campuran tepung terigu dengan cara diayak langsung di atas adonan mentega, lalu tambahkan tepung almond. Aduk pakek spatula aja kalo dah nyampur ya sudah selese, jangan terlalu di aduk
4. Alasin meja dengan plastik lalu taruh adonan di atas plastik. Giles pakek roller biar tebalnya 1 cm-an. lalu cetak dengan cetakan kue
5. Letakan adonan yang udah tercetak di atas loyang yang sudah di alasin dengan kertas roti.
6. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 160C yang sudah di angetin sebelomnya 10-15 menit. Lalu panggang selama 15 menit.
7. Jangan terlalu lama nanti gosong, ketika terlihat sudah mengembang dan matang, lalu angkat
8. Di saat masih hangat, gulingkan di adonan topping ( gula + susu bubuk ) biar nempel
Need to improve:
1. adonannya kayanya kebanyakan kacang almond nya jadi coba dikurangi sedikit
2. hati hati pas gulingin ke adonan topping, karena masih baru dia mudah ambrol
Catatan Resep, kue

Bikin kue beard papa KW alias sus choux pastry

Karena sudah tidak bekerja, hari hari menyibukkan diri dengan mencoba resep resep yang dulu dulu pengen banget di coba. Namun apa daya waktu tak ada, jadi ngga sempet terjamah 😀 perlu diperhatikan adalah spuit yang salah bisa membuat bentuk kuemu menjadi kelabu 😀

Kali ini nyoba bikin kue sus dengan vla coklat, berikut resep yang aku rangkum dari beberapa sumber di youtube dan tentunya mba endang Just try and taste

Bahan sus:

– 120gram tepung terigu aku pakek Segitiga Biru
– 100gr butter ak pakek elle vier
– 1/4 sendok teh garam
– 110 ml air
– 3 butir telur, kocok lepas
Bahan vla vanilla:
– 4 butir kuning telur
– 40 gram tepung maizena
– 70 gram gula halus
– 450 ml susu cair
– 120gr coklat padat ( dark cooking coklat )
– 1 sendok teh vanilla ekstrak
– 50 gram mentega
Topping:
– 50gr butter
– 50gr gula halus
– 50gr tepung terigu
– 1sdm air untuk menyampurkan

Cara membuat Vla Coklat:

1.Masak air di panci sampai mendidih, lalu letakkan mangkok di atasnya ( jangan sampe pantat mangkok menyentuh air ). Lalu lelehkan dark coklat + butter

2. campur 4 kuning telur dengan maizena dan gula halus, tambahkan sedikit susu cair (± 6 sdm), aduk rata sampai tercampur semuanya. Sisihkan.

3.Rebus susu sambil diaduk.  Jaga jangan sampai mendidih. Masukkan campuran kuning telur, aduk rata. Api nya kecil aja ya

4. Masak sampai meletup-letup sambil diaduk biar ngga lengket dan gosong.  Masukkan vanilla ekstrak, aduk rata.  Matikan api.

5. Masukkan campuran coklat ke adonan vla. Dinginkan vla sambil sesekali diaduk agar tidak berkulit.

6. simpan dalam kulkas karena menurut saya lebih enak saat sudah dingin.

Cara membuat Topping Sus:

campur semua bahan dalam satu wadah, mixer sampai lembut dan masukkan ke plastik segitiga. Butter nya tidak perlu di lelehkan.

Cara membuat Kulit Sus:

1. rebus butter, air dan garam sambil diaduk sampai mendidih.  Masukkan terigu, aduk rata.  Kecilkan api, masak terus sambil diaduk sampai kalis.  Angkat dan dinginkan.

2. masukkan adonan ke mixer, lalu mixer speed rendah untuk ngilangin uap panas. Setelah agak dingin, masukin telur satu persatu.

3. masukkan adonan ke plastik dengan spuit, lalu cetak melingkar di loyang yang sudah di lapisi kertas kue.

4. tambahkan adonan topping sus di atas cetakan kulit sus

5. Panggang di suhu 180°C yang sudah di hangatkan sebelomnya selama 15 menit. Lalu panggang selama 30 – 40 menit sampai matang. Cirinya adonan mengembang, tidak terlalu coklat dan kalau di geser sedikit, sudah lepas dari kertas roti.

Video yang kutonton untuk membuat ini adalah :

Need to improve:

1.Cari tau gemana biar pakek telurnya bisa berkurang huhuhu kolesterol banget pakek 7 telur 😀

2. Kulit udah ok, mengembang dan dalemnya kosong, crunchy juga bagus cuman karena salah spuit jadi bentuknya aneh aneh 😀 Jadi beli spuit dan suntikan untuk masukin vla

3. Nyoba kulit yang agak tebal mungkin adonnannya di encerin lagi sedikit aja

Catatan Resep, Masakan

Masak siomay ikan tenggiri

Dan ahirnya aku mencatat resep resep yang sudah pernah kucoba, lalu kucatat juga gagalnya kenapa, jadi di percobaan selanjutnya bisa kuperbaiki 😀

Untuk resep siomay kemaren, aku nyontek resep mba endang Just try and taste dan beberapa cookpad yang aku kira kira sendiri :

Bahan siomay:
– 250 gram daging ayam tanpa tulang haluskan dengan food processor 
– 250 gram daging ikan tenggiri cincang haluskan dengan food processor 
– 250 gram labu siam (1 buah labu ukuran sedang) di kukus lalu haluskan dengan food processor 
– 300 gram tepung sagu tani
– 1 butir telur, kocok lepas (optional)
– 1 batang daun bawang haluskan dengan food processor 
Bumbu dihaluskan:
– 6 butir bawang merah
– 4 butir bawang putih
– 1 sendok teh merica bubuk
– gula dan garam secukup nya
Bahan tambahan:
– wortel untuk topping
– tahu untuk tahu bakso
– kulit pangsit
Cara membuat:
1. campurkan labu siam dan daun bawang yg sudah halus di wadah besar. Labu siam katanya berfungsi biar siomaynya lembut
2. masukkan daging ayam halus ke wadah besar
3. masukkan daging ikan halus ke wadah besar
4. masukkan bumbu halus ke adonan, lalu aduk rata dan check rasa (disini ak sudah merasa ada rasa asin, tapi ntah kenapa setelah matang, siomaynya jadi hambar, mungkin di coba lebihin lagi garemnya untuk next experiment 😛 )
5. masukkan telur yang sudah di kocok
6. masukkan tepung sagu, untuk next experiment, coba masukin 100gr aja karena resep sekarang kata ricky rasa dagingnya ketutup sama tepung 😀
7. Hangatkan kukusan dan lapisi saringan kukusan dengan minyak biar siomay ngga lengket saat di masak
8. masukkan siomay ke kukusan, bisa dengan kulit pangsit / tahu (lalu di kasi toping wortel) , bisa juga langsung di bentuk bulat bulat.
9. kukus selama kurang lebih 15 menit
10. Siomay siap dihidangkan, kalau mau di goreng juga bisa langsung di goreng.
Yang perlu di improve :
1. Tepung sagu tani nya sebaiknya di kurangi
2. hati hati dalam membuka kulit pangsit biar ngga sobek
Bumil Story, Curhatku

Hipnobirthing bersama midwife

Kali ini, aku akan berbagi cerita tentang hipnobirthing ku bersama bidan Emi, bidan yang aku pilih untuk mendampingiku  nanti di saat lahiran. Sekedar intro, why? kenapa bawa bidan pendamping pas lahiran? Kan di rs udah ada bidannya?

Wahahaha.. ceritanya panjang, tapi sekilas cepat dan pendeknya, aku ingin proses kelahiran perdanaku ini terdokumentasi dengan baik. Aku pengen ada yang ngevideoin, namun kalo nyari videografer cewe susyah yes ( kalo cowo ngga di approve sama ricky 😛 masa nanti dia liat liat kamu ngangkang gitu?? * ucapnya ketus bwkwkwk  ) trus si ricky juga standardnya tinggi tapi ga mau keluar duit banyak wahahaha 😀 ga mau bayar mahal tapi mau minta bagus 😛 .

Pertama kali aku ketemu bidan emi ini adalah saat aku minta dipijit, setelah bercerita panjang lebar, ahirnya aku dan ricky memutuskan untuk hire mba emi jadi bidan pendampingku saat lahiran. Untuk mendampingiku saat kontraksi, untuk menenangkan, membantuku selama proses proses, jadi si ricky bisa ngeshoot video dan gantian sama mba emi untuk ngerekam proses lahirannya. Kami udah konsultasi dengan dokter obgyn dan dia pun welcome. Yeay! win win solution. Ricky bisa ambil video, akupun ada yang bantuin, dan jadi lebih pede juga karena sudah beberapa kali pertemuan untuk persiapan lahiran. Si dokter kandunganpun ok kalo kita ngevlog wahahaha dan lalu dia bilang akan pakek baju bagus, mau masuk youtube 😀 (padahal mungkin ga di publish kesana 😛 ) Bismillah.. pokoknya kita sudah usahain yang terbaik, nanti di hari H yang terjadi ya terjadilah 😀

Kembali ke hipnobirthing, seperti yang aku post sebelomnya di sini. Lanjutannya adalah sugesti yang akan di pakek selama proses kelahiran. Kalo aku, sugestinya adalah :

Aku dapat menjalani proses kehamilan, kontraksi dan melahirkan dengan tenang, nyaman, rileks

Semua otot ototku dapat elastis sempurna  mensupport bayiku untuk lahir

Bayiku dapat menemukan jalan lahir yang pas dengan badanku dengan sehat dan normal

Jadi tiga point itu adalah sugesti yang dilakukan berulang ulang hingga masuk ke alam bawah sadarku bahwa semua akan baik baik saja dan berjalan dengan mudah, lancar, tenang dan rileks. Aminnnn 😀

Proses hipnosis tidak selamanya berjalan mulus 😀 ketika latihan dengan midwife, semua seakan lancar dan real. Ada rekaman nya di Ricky tapi aku malu untuk di publish, Omaigod itu angle ambil videonya salah banget (T__T) pahaku jadi terlihat lebih ayam goreng dari biasanya 😦

Oh iya, yang membuatku yakin juga untuk membawa pendamping sendiri adalah si ricky yang kayanya kurang cocok sama aku HAHAHAHA tiap di hipnosis sama dia, aku ketiduran melulu 😛 dan kalo sama bidan selalu berhasil. Ajik sih banyak ngajak ketawa, kan jadi ngga fokus 😛

Ada sebuah proses yang membuat kepercayaan diriku naik adalah kemarin saat kami mencoba hipnoanastesi. Jadi saat di hipnosis, bidan menusukkan jarum ke tanganku. Kerasa sih waktu di tusuk, tapi aku bisa menerima rasa itu dan ngga terlalu memikirkannya 😀 Wow amazing, karena aku takut sama benda tajam yes 😛 wow aku juga tidak menyangka. Ketika terbangun dari hipnosis, ternyata jarumnya masih nempel. :O Aslinya kaget, tapi karena gengsi ya, wajah sok cool aja, padahal ya takut juga HAHAHAHAHA pas mau di cabut jarumnya langsung meremin mata biar ngga liat 😛

Setelah itu kami mencoba ice bucket challenge ciyeh kekinian abissss 😀 . Jadi aku dan ricky sama sama pegang es batu dan lalu dihitung berapa lama kami bisa bertahan. Si ricky bertahan lumayan lama, sedangkan aku 40 detik saja itu juga rasanya udah lamaaaa banget yes 😛 . Lalu bidanku meminta untuk membayangkan tempat yang aku suka, aku di sana bersama bayiku dalam posisi tanganku masih menggegam es batu (kali ini es nya lebih gede) dan ternyata aku mampu menggenggam esnya diatas 5 menit sampe semua esnya mencair di tanganku :O aku pun tak percaya 😀 seingetku sih kerasa ya itu dinginnya es, tapi karena pikiran aku alihkan ke yang lain yang menyenangkan, jadi ya kaya teralihkan aja gitu.

Kata bidan, ini bisa di pakek ketika gelombang cinta datang alias kontraksi. Jika nanti di rasa sudah tidak mampu menahan rasanya, maka bayangkan tempat yang di sukai, ajak bayinya kesana, alihkan menjadi perasaan bahagia, senang, tenang, rileks. Wow, sebagai orang teknikal yang biasanya mikir logis, sesuatu yang ngikutin naluri seperti ini luar biasa banget yah bedanya. 😀

Jadi begitulah sekilas ceritaku tentang hipnobirth. Welcome week ke 36! Welcome bulan ke 9! Semoga semua sehat dan yang terbaik yang terjadi kedepannya 😀

Love,

Filya

Bumil Story, Curhatku

Ceria nya untuk Bulan Ke Delapan

Lega, lepas, tenang. Itulah bulan ke delapan. Hahaha.. Bagaimana tidak, setelah memutuskan untuk berhenti bekerja, ibu diperbolehkan melakukan apapun yang ibu suka oleh ajik. Asal tetap produktif, ngga cuman bobo bobo hapean browsing gosip 😀 dan tetep bergerak biar kita berdua sehat dek 😀

Nanti kamu kalo udah besar, kaya gitu juga ya dek. Kalo jadi cowo yang sayang dan pengertian sama cewe. Insyaallah, jodohnya cepet, baik, jadi ngga lama lama kaya beberapa temen kantor ibu 😛

Checkup terakhir hasilnya memuaskan. Ibu senang dan cocok dengan dokter di Puri bunda, Dokter Ngurah Eka Wijaya. Ya dokternya lucu, santai, ibu jadi tenang karena cocok sama ibu yang cengengesan 😛 . Dokternya juga menciptakan positive ambiance, puter musik kalo ibu kontrol. Ngomongnya enak, asik, santai. 😀

Hasil periksa kemaren, berat badan ibu naik 500 gram dan alhamdulilah syukurnya berat dedek bayi juga naiknya 500gram. Yeay, jadi tidak sia sia workout ibu, jalan pagi, yoga, makan rebus rebus, high protein ( ya walaupun banyak cheat nya juga, masih makan manis manis dan goreng goreng) tapi ibu senang, selisih berat badannya masuk ke dedek bayi semua ❤ Sehat sehat terus di dalem, sampai jumpa sebulan lagi ya dek 😉

Oh iya, ibu punya banyak hadiah loo buat dedek bayi. Ada baju baru banyaaaak banget, ibu aja ngga pernah beli baju baru sebanyak ini dek hahahaha.. Di beliin kasur, lemari, banyak deh yang baru baru. Dedek bayi juga di beliin box motor loh sama ajik (*apa deh ini -_- )

Kami excited mau ketemu dedek bayi, kamu yang sehat, kuat, setrong, pintar, berhati mulai ya nak. 20 tahun lagi, kalo wordpress belom bangkrut, dan kamu baca post ibu hari ini, ibu pengen kamu tau, kalau ibu tidak berharap kamu membalas apa apa dengan semua pengorbanan yang ibu lakukan hari ini, ibu cuman minta kamu yang sehat, yang bahagia, menikmati hidup. Buatlah kenangan indah untuk hidupmu ❤

 

Love,

Filya